Jumat, 28 Januari 2011

Landak Mini / Landak Susu (hedgehog)

Menjajal Peruntungan dari Si Landak MiniLandak mini alias landak susu (hedgehog) kini tengah menjadi hewan piaraan tren baru . Meski sama-sama memiliki duri di bagian punggung, landak mini bukan anggota suku landak-landakan (hystricidae) dari kelompok rodensia. Landak mini termasuk erinaceidae dari bangsa insektivora alias pemakan serangga.

Landak nan imut itu memiliki bentuk badan oval dengan panjang badan hanya 15 cm?20 cm. Bobot tubuhnya yang mungil hanya 200 gram hingga 600 gram. Bahkan, landak mini berukuran paling besar bobotnya cuma 700 gram?900 gram.

Keunikan binatang asal Afrika Tengah ini menjadi pintu masuk bisnis baru yang menjanjikan, yaitu pembiakan atau peternakan landak mini.
Landak Mini Bisa Makan Makanan Kering Anjing dan Kucing

LANDAK mini (hedgehog) merupakan salah satu jenis mamalia yang memiliki 16 spesies. Binatang ini bisa ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, dan Selandia Baru.

Landak mini secara tradisional termasuk insektivora alias pemakan serangga. Namun, sejatinya landak mini hampir bisa dikategorikan sebagai omnivora. Makanannya mulai dari serangga, keong, katak, kodok, ular, telur burung, jamur, akar rumput, hingga buah beri dan semangka.

Di Inggris, landak sering menjadi pengendali hama alami di halaman rumah dan taman. Tiap malam, seekor landak mampu memakan serangga hingga seberat 200 gram.

Landak mini juga alergi terhadap laktosa yang ada di dalam produk susu. Itu sebabnya, banyak pemilik atau peternak landak mini memberi makan piaraannya itu dengan makanan anjing atau makanan kucing yang kering.

Memang, makanan tersebut lebih baik daripada produk susu, namun ada juga kekurangannya. Makanan anjing dan kucing biasanya tinggi lemak dan rendah kandungan proteinnya. Jadi, ada baiknya juga sesekali landak mini memakan serangga, seperti ulat hongkong atau ulat jerman yang dijual di toko-toko hewan.

Lazimnya, landak yang menjadi hewan peliharaan adalah hasil persilangan antara jenis white-bellied hedgehog (atelerix albiventris) dengan north african hedgehog (A. algirus). Landak hasil persilangan tersebut sering disebut sebagai landak jenis african pygmy hedgehog.

Landak mini juga memiliki beragam warna. Ada yang al­bi­no, abu-abu atau disebut juga salt and pepper, putih, co­kelat,  hingga keperakan. Se­tidaknya ada sekitar 92 warna bulu landak yang telah dihasilkan oleh para peternak di seluruh dunia.

Sejak tahun 2000-an, sudah ada asosiasi internasional bagi peternak dan pecinta landak mini. Namanya, The International Hedgehog Association (IHA).

Asosiasi tersebut secara rutin menggelar pameran internasional landak mini. Mereka juga bakal menentukan sistem pameran dan penyempurnaan standar bagi para peternak (breeder) dan pecinta landak mini ini di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar